Bupati Ampera Minta SOPD Perkuat Perencanaan Pembangunan

id Bupati Ampera, Bartim, tamiang layang, Perkuat Perencanaan Pembangunan

Bupati Ampera Minta SOPD Perkuat Perencanaan Pembangunan

Bupati Bartim Ampera AY Mebas. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), Kecamatan dan Desa memperkuat perencanaan pembangunan.

"Saat ini memang sudah baik, tapi perlu diperkuat lagi agar perencanaan pembangunan bisa matang dan terukur secara jelas. Terlebih perencanaan di tingkat Pemerintah Desa," kata Ampera di Tamiang Layang, Selasa.

Hal ini dinilai perlu, mengingat perkembangan pembangunan terus berkembang diiringi pertumbuhan penduduk yang terus melaju.

Ampera mengharapkan adanya pendamping dari Pemerintah Kabupaten atau Kecamatan untuk Desa. Namun tidak adanya penerimaan ASN untuk teknisnyaa menjadi kendala. 

"Telah dicanangkan dengan adanya pengangkatan PHL di kecamatan untuk teknis perencanaan yang akan mengawal perencanaan di Desa," tegasnya.

Dengan perencanaan yang kuat dan matang, maka akan mengasilkan program yang baik. Tinggal pelaksanaannya yang harus mengikuti perencanaan, sehingga menghasilkan pembangunan berkualitas.

Terkait perencanaan pembangunan di Desa, orang nomor sagu di Kabupaten Bartim itu juga mengharapkan kades sering berkordinasi dengan OPD Kabupaten, sesuai dengan teknisnya.

Bila berkaitan teknis jalan, jembatan, pengairan dan bangunan maka sebaik berkordinasi ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Untuk sektor kesehatan bisa ke Dinas Kesehatan serta masalah pendidikan bisa langsung ke Dinas Pendidikan.