Bappeda Palangka Raya Uji Coba Program "E-Planning"

id Bappeda Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Program E Planning

Bappeda Palangka Raya Uji Coba Program "E-Planning"

Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sedang mengujicoba penggunaan program perencanaan elektronik (E-Planning) dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

"Tahun ini kita tengah melakukan uji coba terhadap pelaksanaan program E-Planning. Kita telah memasukkan rencana kerja yang akan dilaksanakan tahun 2018," kata Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengatakan, program tersebut nantinya juga akan diintegrasikan dengan program E-Budgeting, serta sejumlah program pemerintah kota yang lain.

"Dengan diintegrasikannya sejumlah program melalui satu aplikasi maka kita akan mudah mengendalikan dan memonitor perencanaan, pelaksanaan hingga mengevaluasi program yang telah berjalan," katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap pada 2018 penggunaan E-Planning dan E-budgeting dapat dilaksanakan menyeluruh pada seluruh SOPD Kota Palangka Raya.

"Melalui E-Planning dan E-budgeting, maka kita akan mudah mengontrol dan mengarahkan program pembangunan sesuai visi dan misi yang telah dimasukkan dalam aplikasi, sehingga nantinya tidak ada program yang bisa dilaksanakan tanpa ada perencanaan," katanya.

Dia juga menyebut saat ini pemerintah kota belum memiliki sistem yang jelas dalam upaya pemantauan dan evaluasi program karena sejumlah SOPD masih menggunakan sistem yang dibuat masing-masing.

"Sehingga menggunakan E-Planning dan E-budgeting yang terintergasi kami akan lebih mudah mengarahkan pelaksanaan program SOPD yang telah direncanakan sebelumnya," katanya.

Hera menambahkan bahwa program tersebut juga akan menjadi kendali dan bentuk komitmen bersama dalam merencanakan dan melaksanakan program pembangunan," katanya.