Pulang Pisau Miliki Dapur Ikan Sebagai Pusat Oleh-Oleh

id pulang pisau, pulpis, oelh-oleh, Dapur Ikan, Bupati Pulpis, edy pratowo, dinas perikanan pulpis

Pulang Pisau Miliki Dapur Ikan Sebagai Pusat Oleh-Oleh

Bupati Pulpis, H Edy Pratowo melihat dari dekat beberapa jenis benih ikan sebagai salah satu produk yang dipasarkan di Dapur Ikan usai diresmikan di Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir, Kamis (19/10/17). (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Perikanan, Kabuapaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Riduan Syahrani mengatakan keberadaan Dapur Ikan ini bertujuan sebagai tempat pemasaran berbagai produk hasil perikanan yang ada di daerah setempat.

Dinas Perikanan bekerjsama dengan kelompok nelayan membuka miniatur Display Produk Ikan (Dapur Ikan) di Jalan Trans Kalimantan, Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir. 

"Dapur Ikan ini bisa menjadi pusat oleh-oleh bagi para pelancong yang melintas di daerah setempat," kata Riduan, didampingi Kabid Pengelolaan Perizinan dan Penguatan Daya Saing Produk, Yulianto, Kamis.

Dapur Ikan yang diresmikan Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo ini, terang Riduan Syahrani, merupakan miniatur yang akan dikembangkan Dinas Perikanan disepanjang ruas Jalan Trans Kalimantan. 

Selama ini Pulang Pisau dianggap tidak memiliki produk unggulan yang menjadi ciri khas daerah setempat, dan terobosan ini akan dikuatkan dan dikembangkan lagi pada tahun 2018 mendatang.

Letaknya yang ada di depan Balai Benih Ikan (BBI) Desa Gohong, Dapur Ikan juga sebagai tempat pemasaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal penyediaan bibit ikan. 

Menurut Riduan Syahrani, selain hasil produk olahan perikanan, tempat ini juga dipadukan dengan produk olahan lain seperti dari bidang pertanian, perkebunan dan kerajinan.

Salah satu tujuannya dibentuk Dapur Ikan Dinas Perikanan ini, papar Riduan Syahrani, adalah untuk mengakomodir keinginan kelompok-kelompok perikanan yang selama ini kesulitan dalam segi pemasaran. 

Namun, penyempurnaan akan terus dilakukan baik menyangkut label, kadaluarsa, kualitas produk dan kemasan hingga label halal.

Produk dari Dapur Ikan ini akan maksimal, kata dia, apabila dikaitkan dengan Pariwisata dan Kuliner. Untuk saat ini baru ada satu Dapur Ikan dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masing-masing kecamatan untuk menampilkan setiap produk unggulan.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo usai meresmikan Dapur Ikan ini mengatakan bahwa sepanjang perogam ini mengakomodir keinginan masyarakat tentu mendapat dukungan dari pemerintah setempat.

"Melalui kelompok pengolahan dan pemasaran, saya berharap terus meningkatkan hasil produksinya dan selalu komunikasi dengan dinas terkait agar bisa mendapatkan bantuan yang menjadi kebutuhan dalam mengembangkan produk olahannya," ucap Edy Pratowo.

Bimbingan dari Dinas Perikanan harus diberikan kepada kelompok-kelompok agar terus meningkatkan kualitas produk dan kemasan. Edy Pratowo optimis Dapur Ikan ini bisa memberikan motivasi untuk mengangkat potensi-potensi yang dimiliki daerah setempat.